Cara Mengatasi Leptop atau Komputer yang Ketika Membuka Folder atau File Selalu Not Responding

gambar not responding
Not Responding

Berdasarkan pengalaman yang saya alami beberapa waktu lalu tentang leptop yang selalu not responding ketika membuka file atau folder, mengcopy data menjadi lelet banget..mpe kesel pokoknya ngakalinnya. Dua hari saya cari tau bagaimana Cara Mengatasi Leptop atau Komputer yang Ketika Membuka Folder atau File Selalu Not Responding. Kejadian ini biasanya terjadi jika ada partisi hardisk yang bermasalah.
Kalau Anda mengalami hal tersebut Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

Yang pertama, silahkan copy dulu file yang penting-penting bagi Anda. Jika ketika mengcopy semua folder ternyata proses copynya sangat lama. silahkan anda copy filenya satu persatu biasanya lebih cepat. setelah semua data pentingnya dicopy kemudian anda format drive yang kira2 menjadi sumber masalah. Biasanya terdapat file yang membuat masalah jika ketika membuka file atau folder menjadi not responding.

Jika tahap pertama sudah dilewati masih terjadi seperti itu, langkah kedua adalah lakukan install ulang komputer/leptop Anda. Delete semua partisi yang sudah anda buat, kemudian buat kembali partisi sesuai dengan yang Anda inginkan kemudian format masing-masing partisi yang Anda buat. Kemudian silahkan lanjutkan sampai proses instalasi selesai. Biasanya pada tahap ini hardisk sudah bisa berjalan normal

Langkah ketiga jika langkah satu dan dua sudah dilakukan tetapi masih tetap selalu not responding.berarti kerusakan sudah terjadi pada hardisk anda. Saya sarankan untuk mengganti hardisk tersebut. Jangan lupa sebelum mengganti hardisk, silahkan periksa RAM komputer/leptop Anda. Jika RAM Anda kecil dan aplikasi yang Anda gunakan besar-besar bisa jadi karena kekurangan memory. silahkan tambah RAM anda sesuai dengan yang Anda inginkan. 

Kemungkinan yang lain adalah over heeating atau terlalu panas. Komputer/Leptop yang lama digunakan apalagi tanpa adanya pendingin tambahan biasanya akan menjadi over heating dan ini bisa menimbulakan not responding pada saat membuaka aplikasi atau membuka file.

Demikian tips dari Tips Jitu Teknisi Komputer tentang Cara Mengatasi Leptop atau Komputer yang Ketika Membuka Folder atau File Selalu Not Responding. 

Terima Kasih dan semoga bermanfaat..





1 Response to "Cara Mengatasi Leptop atau Komputer yang Ketika Membuka Folder atau File Selalu Not Responding"