Cara Jitu Mengatasi Leptop / Komputer yang Blue Screen pada saat botting

Blue screen adalah suatu kejadian dimana pada saat yang harusnya berjalan normal, tetapi tampilan berubah menjadi biru dan ada tulisan-tulisan tertentu setelah itu kemudian restart. Hal ini terjadi bisa karena beberapa hal. Berikut adalah penyebab - penyebab bluescreen dan cara mengatasinya.

Dari segi aplikasi 
Terkadang kita menginstal aplikasi tanpa melihat spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut. Penyebab bluescreen pada masalah ini adalah spesifikasi yang lebih rendah dari yang dibutuhkan. Solusi jika sudah menginstal aplikasi yang membuat blue screen adalah dengan masuk ke safe mode kemudian uninstall aplikasi tersebut kemudian restart kembali.
- Dari Segi Sistem Operasi
Kalau kita tidak menginstal aplikasi yang melebihi spesifikasi yang dibutuhkan tiba-tiba restart penyebab berikutnya adalah masalah sistem operasi. Sistem operasi terjadi masalah, bisa karena virus, bisa juga karna kita terlalu banyak membuka aplikasi terutama aplikasi yang berat-berat bisa juga karena overheating. Cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan memberikan pendingin pada bagian leptop, atau juga menambah kipas jika Anda menggunakan PC. Solusi berikutnya jika bukan masalah overheating, Anda bisa menginstal ulang leptop kembali jika ternyata setelah direstart masih bermasalah. Atau juga kita salah memilih partisi pada saat pengaturan BIOS pada saat mau menginstal, untuk windows vista ke atas mode SATAnya adalah AHCI sedangkan kalau kita menginstal windows xp ke bawah kita menggunakan IDE. kalau pada saat posisi IDE diinstali windows vista ke atas maka kemungkinan pada saat penginstalan akan terjadi bluescreen 
- Dari Segi Hardware
Bluescreen juga terjadi bukan hanya masalah aplikasi dan sistem operasi. Hardware juga ada pengaruhnya terhadap bluescreen. Hardware yang biasanya berpengaruh terhadap blue screen adalah RAM dan hardisk, bisa juga motherboard tetapi yang paling sering adalah RAM dan hardisk. Solusinya jika terjadi permasalahan tersebut adalah dengan membersihkan kedua komponen tersebut. tapi jika masih bermasalah juga silahkan ganti dengan yang baru. 

Demikian langkah-langkah mengatasi komputer/PC yang bluescreen.

 

1 Response to "Cara Jitu Mengatasi Leptop / Komputer yang Blue Screen pada saat botting"

  1. Posting yang bagus. Saya hanya ingin mengatakan bahwa saya benar-benar menikmati membaca posting blog Anda . Dengan cara apapun saya akan berlangganan feed Anda dan saya harap Anda bisa posting tentang hal lainnya lagi segera

    BalasHapus